0
close
close
Tips to Improve Your Travel Photography

Tips to Improve Your Travel Photography

15 Jan 2021

Kata “travel photography” mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, namun apakah kamu tahu apa definisi dari kata tersebut?

Travel photography dengan mudah dipahami dengan fotografi yang dilakukan saat traveling (berpergian). Fotografi ini memperlihatkan mood situasi atau peristiwa tertentu di suatu waktu dan tempat ketika seorang fotografer mengunjungi suatu tempat. Hasil fotografi ini beragam, ada fotografer yang melibatkan objek manusia atau lainnya dan ada beberapa fotografer lainnya yang hanya mengambil gambaran pemandangan dengan cakupan jalanan, langit, arsitektur atau landscape.

Untuk dapat mengambil travel photos, tentunya sang fotografer harus memiliki kepekaan, pengetahuan tentang skill dan timing saat akan mengambil foto. Selain itu, melakukan riset dan planning tentang objek atau konsep foto apa yang akan diambil juga dapat membantu fotografer untuk bisa mendapatkan foto yang bagus.

Berikut adalah tips yang dapat kamu coba untuk membuat foto travel-mu makin menarik:

  1. Scout for locations.

Carilah informasi tentang jenis lokasi apa yang akan kamu ambil sebagai background travel photography-mu. Lokasi tersebut dapat dicari dengan mudah di internet.

  1.  Be the early bird.

Datanglah ke tempat tersebut di pagi hari atau di waktu saat tempat tersebut tidak ramai pengunjung. Hal ini tentunya dapat membantumu untuk memahami keadaan sekitar dengan tidak perlu pusing-pusing dengan keberadaan orang yang bisa saja mengganggumu untuk mengambil gambar. Selain itu ketika kamu datang di pagi hari sebelum matahari terbit, kamu bisa mencoba untuk menggambil gambar siluet dengan sunrise yang indah.

  1. Fill the frame.

Pilihlah objek menarik untuk mengisi frame gambar supaya komposisinya enak dilihat. Amati sekelilingmu, imajinasikan gambaran apa yang akan kamu ambil, cari momen yang pas dan jepretlah!

  1. Vary your perspective.

Kembangkanlah perspektif dengan mencoba eksplorasi sudut pengambilan gambar. Jangan hanya menggunakan Teknik eye-angle, tapi cobalah frog-eye (untuk menciptakan kesan megah) ataupun bird-eye (untuk menggambarkan keseluruhan pemandangan dari atas).

  1. Be a part of scenery.

Cobalah masuk ke dalam frame. Apabila kamu pergi sendirian, kamu bisa mempersiapkan tripod dari rumah atau minta tolong ke orang yang lewat untuk difoto. Apabila kamu pergi dengan teman atau keluarga, coba minta mereka untuk masuk ke dalam frame dengan menyuruh mereka untuk berpose natural atau berekspresi bagaimana perasaan mereka ketika traveling.

Semoga tips di atas bisa membantu kamu untuk menghasilkan foto-foto yang bagus dan menarik. Jika kamu berencana traveling dan tidak ingin direpotkan dengan tehnik pengambilan foto, kamu bisa menggunakan jasa traveling photography yang disediakan oleh The Lens Story di seluruh Indonesia. Hubungi tim Customer Service kami jika kota tujuan kamu belum tersedia di website kami. Kami akan bantu carikan fotografer lokal sesuai dengan selera dan budget kamu. Have a nice holiday!

Related Photography Updates

Need insight for your photoshoot? Check this out!

loading